Cara Hidup Hemat Ala Anak Kost

Posted by fajar najmi on 02.26.00

Cara Hidup Hemat Ala Anak Kost - Hidup Anak kost !! dulu saya sering sekali mengucapkan dengan lantang kalimat di atas, yaaa karena saya dulu sempat menjadi mahasiswa di salah satu Universitas swasta di daerah dekat bangka belitung. dan kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman dan tips dari saya bahkan teman - teman mahasiswa yang dulu pernah menjadi anak kost sempat berbagi tips resep ala anak kost kepada saya.

Memang bagaimana sih menjadi anak kost yang baik?? bagaimana sih menghemat uang?? dan bagaimana sih cara hidup sehat ala anak kost??

Menjadi anak kost bukanlah mudah, mungkin bagi yang sudah mandiri menjadi anak kost bukanlah masalah, namun bagaimana dengan yang belum terbiasa mandiri atau yang masih sedikit malas?? apakah ada tips untuk hidup menjadi anak kost atau menjadi mahasiswa yang ngekos??

tips anak kost
nyantai ala anak kost

Semua pertanyaan diatas akan kita selsaikan bersama sama pada penjelasan dibawah ini, mulai dari cara hemat uang, tips belanja bulanan, tips makan ala anak kost dan hidup sehat  ala anak kost. Berikut Cara hidup hemat ala anak kost atau anak kuliahan :

1. Masaklah Nasi Sendiri dengan Memanfaatkan Rice cooker.

Bagaimana kalo kamu belum punya rice cooker?? sayang sekali sebaiknya mulailah menabung dari sekarang untuk membeli rice cooker, karna dengan begitu kamu bisa hemat uang jajan untuk makan, dan sisa uangnya kamu bisa beli lauk pauk sebagai pelengkap makan siang mu. memang awalnya tidak terasa hematnya menggunakan rice cooker, tetapi setelah 1 atau 2 bulan kamu akan merasakan bedanya makan diluar dengan makan dengan nasi sendiri. selain itu dengan adanya rice cooker kamu bisa gunakan untuk hal lainnya seperti memasak mie instant atau air, menarik bukan??

2. Dua orang untuk 1 kamar kost

Kenapa harus dua orang?? kenapa tidak sendirian atau ber5 aja sekalian?? cara ini biasanya sering digunakan anak anak kost jaman sekarang, karna selain dapat menghemat biaya penyewaan kos, kamu juga memiliki teman dan tidak sendiri, jadi dengan adanya teman, beban beban kost seperti membersihkan kost atau memasak bisa kamu lakukan bersama dan terasa ringan. tentu cara ini sangat ampuh untuk menghemat uang bukan.

Misalkan biaya kost 500 ribu perbulan, dengan adanya teman maka kamu cukup mengeluarkan uang 250rb saja untuk membayar uang sewa kos bersama sama, dan sisa uangnya bisa kamu tabungkan atau membeli beras untuk makan sehari hari.

3. Kerjakan Tugas di Kampus

Kenapa harus kampus ?? misalkan begini, jika kamu mengerjakan tugas di kost maka kamu perlu listrik untuk cash laptop, hp dll. bukankan itu akan memerlukan biaya?? coba jika kamu kerjakan tugas di kampus, listrik untuk chas hp atau laptop gratis, bahkan kadang di kampus kamu bisa dapat layanan tambahan seperti ruangan ber ac, listrik dan wifi gratis, serta perpustakaan yang nyaman. maka mulai dari sekarang jadilah anak kost yang baik, kerjakan tugas dikampus jangan di kost karna dengan begitu kamu bisa menghemat pengeluaran uang.

4. Jangan Pacaran Dulu, Selama Kuliah Mending Jomblo Aje

Kenapa harus jomblo?? kenapa gak boleh pacaran, kan udah gede?? saya yakin cara yang satu ini cukup sulit di lakukan, karna hampir semua manusia terutama anak muda seperti kita sangat ingin sekali merasakan indahnya pacaran dan cinta (monyet). begini kawan semua. alasan kenapa kita sebaiknya tidak pacaran dulu adalah karna dengan pacaran, pengeluaran uang kita akan menjadi 2 kali lipat.

Mungkin sebagian dari kamu tidak kepikiran bisa begini, saat pacaran tentu kamu harus punya lembaran lembaran rupiah, mulai dari masa pdkt bahkan pacaran lalu putus, semua itu perlu modal kawan, misalkan nih, saat pacaran tentu akan ada kegiatan kegiatan yang akan kamu lakukan dengan pacar, misalkan pergi jalan jalan, pergi makan atau nonton di bioskop, semua itu perlu modal. Apalagi buat kamu yang punya pacar lebih dari 1, bisa 4x lipat pengeluarannya bro. Maka dari itu mulai sekarang jangan pacaran dulu biar bisa jadi anak kost yang baik.

5. Mempunyai Jiwa Entrepreneurship atau Wirausaha atau Pebisnis

Pernah terpikir kah kamu untuk mencari penghasilan tambahan?? bagimana mencari uang halal untuk hidup nge kost?? maka dari itu kamu perlu jiwa wirausaha, tak perlu membangun usaha langsung kok, mulailah dari kecil seperti lingkungan kuliah kamu, berpikirlah apa yang dibutuhkan anak kuliah jaman sekarang?? contohnya pulsa, saya yakin sebagian besar mahasiswa sudah memiliki hp untuk mengubungi teman atau keluarga, semua itu perlu pulsa. maka dari itu apa salahnya jika kita mencoba berjualan pulsa, saya yakin dari sekian mahasiswa yang ada di kampus pasti setiap harinya ada yng butuh pulsa, ntah itu untuk nelpon / sms atau internetan.

6. Menabung, Menabung dan Menabung

Cara ini tentu sangat jitu dan ampuh untuk anak kost, mulailah menabung dari sekarang, jangan pikirkan untuk apa tetapi lakukan lah dengan alasan masa depan yang cerah, buatlah beberapa celengan kecil. kamu bisa tuliskan nama atau target pada celengan tersebut agar dengan begitu kamu mempunyai target dan bersemangat menabung. Cara menabung pun tak perlu banyak atau konsisten setiap harinya, jika kamu jajan atau kemana saja, jika memiliki uang kembalian lebih ntah itu 1000 rupiah - 10 ribu taruhlah di tabungan, dan tanpa kamu sadari setalah 1 atau 2 bulan uang itu akan terkumpul dan sangat bermanfaat bagi kamu sendiri, bagaimana hebat bukan.

7. Memburu Beasiswa

Cara ini mungkin bisa menjadi peluang besar untuk kamu yang memiliki kepintaran lebih dari teman teman seangkatan, untuk mendapatkan beasiswa pastinya kamu harus memiliki ip atau ipk lebih besar dari pada lainnya, namun untuk mencapai itu semua pastinya kamu harus belajar dengan giat, rajin berdoa dan beribadah, insyallah kamu bisa dapatkan beasiswa tersebut sehingga untuk membayar uang kuliah bisa kamu tabungkan atau gunakan untuk hal yang bermanfaat lainnya.

Itu dia beberapa tips menjadi anak kost yang baik, semoga artikel diatas dapat membantu teman teman kost semua, saya harap setelah membaca artikel ini teman teman dapat hidup hemat dan sehat walaupun tinggal di kost kosan hehehe.


Bang Tama
New Johny WussUpdated: 02.26.00

2 komentar:

  1. tahun depan ane bakal jadi anak kost, mudah mudahan keterima hehe..

    BalasHapus
  2. ternyata banyak juga tips keren utk anak kosan.

    salam kenal ya bang dr BloggerBabel.com

    BalasHapus


Bang Tama